Minggu, 08 April 2018

RPS ANALISIS PAI MTS DAN MA


RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

A.     IDENTITAS MATA KULIAH
Mata Kuliah
:
Analisis Pendidikan Agama Islam MTs dan MA
Semester
:

Jurusan/Prodi
:
Tarbiyah / PAI
Jumlah Sks
:
2 Sks
Sifat Mata Kuliah
:
Wajib
Asisten Dosen
:
Rusdan Azwari, M.Pd
Evaluasi
:
1.   Sisipan (10%)
2.   Tugas (20%)
3.   UTS (30%)
4.   UAS (40%)
Instansi
:
 IAIN Bengkulu
Alamat
:
Jln. Raden Patah Pagar Dewa Kota Bengkulu

B.     DESKRIPSI MATA KULIA
Mata kuliah materi PAI pada MTs dan MA ini adalah mata kuliah untuk mengkaji materi PAI/PI pada jenjang pendidikan agama tingkat MTs dan MA. Kajian materi yang dilakukan adalah kajian tentang materi-materi PAI/PI tersebut pada setiap jenjang, apakah materi yang ditawarkan selama ini sesuai dengan perkembangan siswa/siswi atau materi yang disajikan melampaui dari usia mereka. Atau materi tersebut sudah layak diajarkan pada jenjang mereka atau tidak. Kajian didekati dengan berbagai macam disiplin ilmu agar lebih konferehensif. Apalagi saat ini kurikulum 2013  secara bertahap mulai akan diberlakukan lagi. Di mana dalam pengambilan pengetahuannya diusahan dengan cara scientific dan muatan dari materinya harus berkarakter. Dua kajian di atas menjadi perhatian besar dalam kajian materi PAI ini, sehingga akhirnya dapat menjadi sumbangsih dalam pengembangan pengetahuan siswa/siswi ke depan.

C.    KOMPETENSI MATA KULIAH
  1. Capaian Pembelajaran Lulusan (Standar Kompetensi)
Mahasiswa mampu melakukan analsis materi pada materi pendidikan islam di tingkat MTs/MA dalam bentuk makalah.
  1. Kemampuan akhir tahapan memnuhi Capaian Pembelajaran Lulusan (Kompetensi Dasar)
a.       Mahasiswa mampu menguraikan konsep kurikulum 2013
b.      Mahasiswa mampu menguraikan konsep pendidikan agama islam dalam undang-undang pendidikan dan kurikulum 2013.
c.       Mahasiswa mampu menganalsis materi aqidah akhlak pada madrasah tsanawiyah
d.      Mahasiswa mampu menganalisi materi al-qur’an hadis pada madrasah tasanawiyah.
e.       Mahasiswa mampu menganalisis materi sejarah kebudayaan islam pada madrasah tsanawiyah
f.       Mahasiswa mampu menganalisis materi Fiqih pada madrasah tsanawiyah
g.      Mahasiswa mampu menganalsis materi aqidah akhlak pada madrasah aliyah
h.      Mahasiswa mampu menganalisi materi al-qur’an hadis pada madrasah aliyah.
i.        Mahasiswa mampu menganalisis materi sejarah kebudayaan islam pada madrasah aliyah.
j.        Mahasiswa mampu menganalisis materi Fiqih pada madrasah aliyah
D.    ALOKASI RENCANA PERKULIAHAN
PERTEMUAN
MATERI
1
Kontrak Kuliah
2
Kebijakan pemerintah tentang kurikulum 2013
3
Konsep dasar kurikulum 2013
4
Pelajaran Agama dalam kurikulum 2013
5
Materi PAI MTs/MA (Aqidah Akhlak, al-Qur’an Hadis, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Fiqih)
konsep, karakter yang dapat dimunculkan dalam setiap pelajaran dan materi pelajaran
6
Analsis materi aqidah Akhlah MTs
7
Analsis materi  al-Qur’an Hadis MTs.
8
UTS
9
Analisis materi  sejarah kebudayaan Islam MTs.
10
Analisis materi  fiqh MTs.
11
Analisis materi  aqidah akhlak MA
12
Analisis materi  al-Qur’an Hadis MA
13
Analisis materi  sejarah kebudayaan Islam MA
14
Analisis materi  fiqh MA
15
Review materi
16
UAS

E.     PROSES PEMBELAJARAN
  1. Metode ceramah Aktif
  2. Diskusi
  3. Presentasi
  4. Penugasan

F.     REFERENSI
Kusuma Doni 2007. Pendidikan  Karakter Strategi  Mendidi Anak di  Zaman Global . Jakarta: Grasindo,
Al-Rasyidin, H. Samsul Nizar, 2003. Filsafat Pendidikan Islam. Ciputat :Ciputat Press.
Direktorat Pendidikan MadrasaKementrian Agama. 2010. WawasanPendidikaKarakte dalam  Islam Jakarta Direktora Pendidikan MadrasaKementrian Agama.
Hidayatullah Furqon. 2010.  Pendidikan  Karakter Membangun  Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Junaedi, Mahfud. 2010.  Ilmu Pendidikan IslamSemarang : Rasail MediaGroup.
Kesuma Dharma, 2011.  Pendidikan  Karakter Kajia Teor dan Prakte diSekolah.  Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Langgulung Hasan. 1998.  Asas-asas  Pendidikan  Islam Jakarta Radar Jay Offest.
Majid, Abdul, Dian Andayani.2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhaimin    Azzet,   Akhmad. 2011.  Urgensi   Pendidikan    Karakter   di  IndonesiaJogjakarta: Ar-Ruz Media.
Muhaimin, dkk. 2004. Paradigma Pendidikan Islam Jakarta: Bumi Aksara.
Muslich,    Masnur. 2011. Pendidikan     Karakter;    Menjawab    Tantangan   Krisis Multidimensional Jakarta: Bumi Aksara.


Bengkulu,      April 2018
Dosen Pengajar





Rusdan Azwari, M.Pd



0 komentar:

Posting Komentar