RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER
A.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata Kuliah
|
:
|
Analisis Pendidikan Agama Islam MTs dan
MA
|
Semester
|
:
|
|
Jurusan/Prodi
|
:
|
Tarbiyah / PAI
|
Jumlah Sks
|
:
|
2 Sks
|
Sifat Mata Kuliah
|
:
|
Wajib
|
Asisten Dosen
|
:
|
Rusdan Azwari, M.Pd
|
Evaluasi
|
:
|
1.
Sisipan (10%)
2.
Tugas (20%)
3.
UTS (30%)
4.
UAS (40%)
|
Instansi
|
:
|
IAIN Bengkulu
|
Alamat
|
:
|
Jln. Raden Patah Pagar Dewa Kota Bengkulu
|
B. DESKRIPSI MATA KULIA
Mata kuliah materi PAI pada MTs dan MA ini adalah mata kuliah untuk
mengkaji materi PAI/PI pada jenjang pendidikan agama tingkat MTs dan MA. Kajian
materi yang dilakukan adalah kajian tentang materi-materi PAI/PI tersebut pada
setiap jenjang, apakah materi yang ditawarkan selama ini sesuai dengan
perkembangan siswa/siswi atau materi yang disajikan melampaui dari usia mereka.
Atau materi tersebut sudah layak diajarkan pada jenjang mereka atau tidak.
Kajian didekati dengan berbagai macam disiplin ilmu agar lebih konferehensif.
Apalagi saat ini kurikulum 2013 secara bertahap mulai akan diberlakukan
lagi. Di mana dalam pengambilan pengetahuannya diusahan dengan cara scientific
dan muatan dari materinya harus berkarakter. Dua kajian di atas menjadi
perhatian besar dalam kajian materi PAI ini, sehingga akhirnya dapat menjadi
sumbangsih dalam pengembangan pengetahuan siswa/siswi ke depan.
C. KOMPETENSI MATA KULIAH
- Capaian Pembelajaran Lulusan (Standar Kompetensi)
Mahasiswa mampu
melakukan analsis materi pada materi pendidikan islam di tingkat MTs/MA dalam
bentuk makalah.
- Kemampuan akhir tahapan memnuhi Capaian Pembelajaran
Lulusan (Kompetensi Dasar)
a. Mahasiswa mampu menguraikan konsep kurikulum 2013
b. Mahasiswa mampu menguraikan konsep pendidikan agama islam dalam
undang-undang pendidikan dan kurikulum 2013.
c. Mahasiswa mampu menganalsis materi aqidah akhlak pada madrasah tsanawiyah
d. Mahasiswa mampu menganalisi materi al-qur’an hadis pada madrasah
tasanawiyah.
e. Mahasiswa mampu menganalisis materi sejarah kebudayaan islam pada madrasah
tsanawiyah
f. Mahasiswa mampu menganalisis materi Fiqih pada madrasah tsanawiyah
g. Mahasiswa mampu menganalsis materi aqidah akhlak pada madrasah aliyah
h. Mahasiswa mampu menganalisi materi al-qur’an hadis pada madrasah aliyah.
i.
Mahasiswa mampu menganalisis materi
sejarah kebudayaan islam pada madrasah aliyah.
j.
Mahasiswa mampu menganalisis materi Fiqih
pada madrasah aliyah
D. ALOKASI RENCANA PERKULIAHAN
PERTEMUAN
|
MATERI
|
1
|
Kontrak Kuliah
|
2
|
Kebijakan pemerintah tentang kurikulum 2013
|
3
|
Konsep dasar kurikulum 2013
|
4
|
Pelajaran Agama dalam kurikulum 2013
|
5
|
Materi PAI MTs/MA (Aqidah Akhlak, al-Qur’an Hadis, Sejarah Kebudayaan
Islam, dan Fiqih)
konsep, karakter yang dapat dimunculkan dalam setiap pelajaran dan materi
pelajaran
|
6
|
Analsis materi aqidah Akhlah MTs
|
7
|
Analsis materi al-Qur’an Hadis MTs.
|
8
|
UTS
|
9
|
Analisis materi sejarah kebudayaan Islam MTs.
|
10
|
Analisis materi fiqh MTs.
|
11
|
Analisis materi aqidah akhlak MA
|
12
|
Analisis materi al-Qur’an Hadis MA
|
13
|
Analisis materi sejarah kebudayaan Islam MA
|
14
|
Analisis materi fiqh MA
|
15
|
Review materi
|
16
|
UAS
|
E. PROSES PEMBELAJARAN
- Metode ceramah Aktif
- Diskusi
- Presentasi
- Penugasan
F. REFERENSI
Kusuma, Doni. 2007. Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global . Jakarta: Grasindo,
Al-Rasyidin, H. Samsul Nizar, 2003. Filsafat Pendidikan Islam. Ciputat :Ciputat Press.
Direktorat Pendidikan Madrasah Kementrian Agama. 2010. WawasanPendidikan Karakter dalam Islam. Jakarta: Direktorat Pendidikan Madrasah Kementrian Agama.
Hidayatullah, Furqon. 2010. Pendidikan Karakter; Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Junaedi, Mahfud. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Semarang : Rasail MediaGroup.
Kesuma, Dharma, 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktek diSekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Langgulung, Hasan. 1998. Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Radar Jaya Offest.
Majid, Abdul, Dian Andayani.2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam.Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
Muhaimin Azzet, Akhmad. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.
Muhaimin, dkk. 2004. Paradigma Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Muslich, Masnur.
2011. Pendidikan Karakter; Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Bengkulu, April 2018
Dosen Pengajar
Rusdan Azwari, M.Pd
0 komentar:
Posting Komentar