RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER
A.
IDENTITAS MATA KULIAH
Mata Kuliah
|
:
|
Ilmu Kalam
|
Semester
|
:
|
II
|
Jurusan/Prodi
|
:
|
Tarbiyah / PAI
|
Jumlah Sks
|
:
|
2 Sks
|
Sifat Mata Kuliah
|
:
|
Wajib
|
Dosen Pengajar
|
:
|
Rusdan Azwari, M.Pd
|
Instansi
|
:
|
IAIN Bengkulu
|
Alamat
|
:
|
Jln. Raden Patah
Pagar Dewa Kota Bengkulu
|
B. STANDAR KOMPETENSI
Memahami sejarah ilmu kalam
sepanjang sejarahnya dari masa klasik hingga modern, aliran-alirannya,
pemikiran-pemikirannya dan perkembangannya hingga periode modern.
C. KOMPETENSI DASAR
- Menjelaskan definisi ilmu kalam secara
etimologi dan terminologi.
- Membeda-bedakan antara aliran-aliran yang ada
di ilmu kalam dan pemikiran-pemikiran yang berkembang di dalamnya.
3. Menganalisa
bagaimana dinamika ilmu kalam sepanjang sejarahnya.
4. Mampu
menjelaskan definisi ilmu kalam secara etimologi dan terminology
5. Mampu membedakan
antara aliran-aliran yang ada di ilmu kalam dan pemikiran-pemikiran yang
berkembang di dalamnya.
6. Mampu
menganalisa bagaimana dinamika ilmu kalam sepanjang sejarahnya.
D. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini merupakan suatu mata kuliah
yang memberikan gambaran yang detail tentang berbagai persoalan dalam
pemikiran ilmu
kalam yang mencakup pembahasan tentang sejarah, aliran-alirannya, diskursus yang terjadi di kalangan ahli ilmu kalam seperti tentang pelaku dosa besar, iman dan kufur, perbuatan Tuhan
dan perbuatan manusia, kehendak mutlak dan keadilan Tuhan, serta sifat-sifat
Tuhan dan perkembangannya
hingga periode modern.
E. ALOKASI RENCANA PERKULIAHAN
PERTEMUAN
|
MATERI
|
1
|
Kontrak Perkuliahan
|
2
|
Definisi Ilmu Kalam dan Hubungannya dengan ilmu-ilmu lain
|
3
|
Sejarah Timbulnya Ilmu Kalam
|
4
|
Hubungan Ilmu Kalam, Filsafat dan Tasawuf
|
5
|
Aliran Khawarij
|
6
|
Aliran Murjiah
|
7
|
Aliran Qadariyah
|
8
|
UTS
|
9
|
Aliran Jabariyah
|
10
|
Aliran Mu’tazilah
|
11
|
Aliran Ahlussunnah
|
12
|
Aliran Syiah
|
13
|
Aliran-aliran dalam ilmu kalam klasik
(Asy’ariyah dan Maturidiyah)
|
14
|
Pemikiran-pemikiran dalam Ilmu Kalam
|
15
|
Teologi Islam Modern dan Kontemporer
|
16
|
UAS
|
F. PROSES PEMBELAJARAN
- Metode ceramah Aktif
- Diskusi
- Presentasi
- Evaluasi dan Penugasan
G. PENILAIAN
- Sisipan : 10 %
2.
Tugas :
20 %
3.
UTS : 30 %
4.
UAS : 40 %
Jumlah : 100 %
H. REFERENSI
Harun Nasution, Islam di tinjau dari berbagai aspeknya (Jakarta
: UI Pres, 1986)
Harun Nasution, Teologi Islam : aliran-aliran, sejarah analisa perbandingannya (Jakarta
: UI Press, 1986)
Muhammad ibn Abd. Karim Syahrastani, Milal wan Nihal,
Ed. Muhammad Ibn al Fath Allah Al Bardan, Kairo:1951)
Lembaga Studi Agama dan Filsafat, Refleksi Pembaharuan Pemikiran
Islam (Jakarta: CV Guna Aksara, 1989)
Amin Abdullah, Falsafah Kalam di Era Postmodernisme,
(Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995)
Azyumardi Azra, Konteks Berteologi di Indonesia, (Jakarta:
Paramadina, 1999)
Abul Qasim al-Balakhi, al-Qadhi Abdul Jabbar dan al-Hakim
al-Jasami, Fadlul I’tizal wa thabaqat al-Mu’tazilah, Tunisia:
Dar al-Tunisiyah: 1986).
Ibn Hazm al-Zahiri, Al-Fashl fi al-Milal wal ahwa wa al- Nihal,
(Beirut: Dar al-Ma’rifah, 1986).
Abd. A’la, Dari
Modernisme ke Islam Liberal, (Jakarta: Paramadina, 2003)
Tim Penulis
Paramadina: Fiqih Lintas Agama, (Jakarta: Paramadina, 2005).
Referensi lain yang relevan.
Bengkulu, April 2018
Dosen Pengajar
Rusdan Azwari, M.Pd
0 komentar:
Posting Komentar