Minggu, 08 April 2018

RPS ILMU KALAM


RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

A.    IDENTITAS MATA KULIAH
Mata Kuliah
:
Ilmu Kalam
Semester
:
II
Jurusan/Prodi
:
Tarbiyah / PAI
Jumlah Sks
:
2 Sks
Sifat Mata Kuliah
:
Wajib
Dosen Pengajar  
:
Rusdan Azwari, M.Pd
Instansi
:
IAIN Bengkulu
Alamat
:
Jln. Raden Patah Pagar Dewa Kota Bengkulu

B.     STANDAR KOMPETENSI
Memahami sejarah ilmu kalam sepanjang sejarahnya dari masa klasik hingga modern, aliran-alirannya, pemikiran-pemikirannya dan perkembangannya hingga periode modern.

C.    KOMPETENSI DASAR
  1. Menjelaskan definisi ilmu kalam secara etimologi dan terminologi.
  2. Membeda-bedakan antara aliran-aliran yang ada di ilmu kalam dan pemikiran-pemikiran yang berkembang di dalamnya.
3.      Menganalisa bagaimana dinamika ilmu kalam sepanjang sejarahnya.
4.      Mampu menjelaskan definisi ilmu kalam secara etimologi dan terminology
5.      Mampu membedakan antara aliran-aliran yang ada di ilmu kalam dan pemikiran-pemikiran yang berkembang di dalamnya.
6.      Mampu menganalisa bagaimana dinamika ilmu kalam sepanjang sejarahnya.

D.    DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini merupakan suatu mata kuliah yang memberikan gambaran yang detail tentang berbagai persoalan dalam pemikiran ilmu kalam yang mencakup pembahasan tentang sejarah, aliran-alirannya, diskursus yang terjadi di kalangan ahli ilmu kalam seperti tentang pelaku dosa besar, iman dan kufur, perbuatan Tuhan dan perbuatan manusia, kehendak mutlak dan keadilan Tuhan, serta sifat-sifat Tuhan dan perkembangannya hingga periode modern.

E.     ALOKASI RENCANA PERKULIAHAN
PERTEMUAN
MATERI
1
Kontrak Perkuliahan
2
Definisi Ilmu Kalam dan Hubungannya dengan ilmu-ilmu lain
3
Sejarah Timbulnya Ilmu Kalam
4
Hubungan Ilmu Kalam, Filsafat dan Tasawuf
5
Aliran Khawarij
6
Aliran Murjiah
7
Aliran Qadariyah
8
UTS
9
Aliran Jabariyah
10
Aliran Mu’tazilah
11
Aliran Ahlussunnah
12
Aliran Syiah
13
Aliran-aliran dalam ilmu kalam klasik (Asy’ariyah dan Maturidiyah)
14
Pemikiran-pemikiran dalam Ilmu Kalam
15
Teologi Islam Modern dan Kontemporer
16
UAS

F.     PROSES PEMBELAJARAN
  1. Metode ceramah Aktif
  2. Diskusi
  3. Presentasi
  4. Evaluasi dan Penugasan

G.    PENILAIAN
  1. Sisipan             : 10 %
2.      Tugas               : 20 %
3.      UTS                 : 30 %
4.      UAS                : 40 %
Jumlah             : 100 %           

H.    REFERENSI
Harun Nasution, Islam di tinjau dari berbagai aspeknya (Jakarta : UI Pres, 1986)
Harun NasutionTeologi Islam : aliran-aliran, sejarah analisa perbandingannya (Jakarta : UI Press, 1986)
Muhammad ibn Abd. Karim Syahrastani, Milal wan Nihal, Ed. Muhammad Ibn al Fath Allah Al Bardan, Kairo:1951)
Lembaga Studi Agama dan Filsafat, Refleksi Pembaharuan Pemikiran Islam (Jakarta: CV Guna Aksara, 1989)
Amin Abdullah, Falsafah Kalam di Era Postmodernisme, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995)
Azyumardi Azra, Konteks Berteologi di Indonesia, (Jakarta: Paramadina, 1999)
Abul Qasim al-Balakhi, al-Qadhi Abdul Jabbar dan  al-Hakim al-Jasami, Fadlul I’tizal wa thabaqat al-Mu’tazilah, Tunisia: Dar al-Tunisiyah: 1986).
Ibn Hazm al-Zahiri, Al-Fashl fi al-Milal wal ahwa wa al- Nihal, (Beirut: Dar al-Ma’rifah, 1986).
Abd. A’la, Dari Modernisme ke Islam Liberal, (Jakarta: Paramadina, 2003)
Tim Penulis Paramadina: Fiqih Lintas Agama, (Jakarta: Paramadina, 2005).
Referensi lain yang relevan.

Bengkulu,      April 2018
Dosen Pengajar




Rusdan Azwari, M.Pd





0 komentar:

Posting Komentar