RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Mata Kuliah :
Perbandingan Pendidikan
Semester :
VII
Prodi :
Pendidikan Agama Islam (PAI)
Jumlah SKS :
2 (Dua)
Dosen Penanggung Jawab : Dr.
Zubaedi, M.Ag., M.Pd
Asisten Dosen :
Rusdan Azwari, M.Pd
A.
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini menyajikan
pembahasan dan persamaan, kelebihan dan kekurangan pelaksanaan pendidikan di
Asia, Eropa, dan Timur Tengah, sehingga dapat digunakan untuk menumbuhkan sikap
terbuka dan wawasan yang luas terhadap kondisi pendidikan di suatu Negara bila
dibandikan dengan di Indonesia.
B.
Standar Kompetensi
Setelah materi mata kuliah
perbandingan pendidikan disampaikan, diharapkan mahasiswa mampu menelaah
dasar-dasar perbandingan serta kondisi sistem dan kebijakan pendidikan yang ada
di beberapa Negara di Asia, Australia, Eropa, Amerika, dan Timur Tengah. Kajian
terhadap pendidikan antar Negara tersebut senantiasa diperbandingkan dengan
sistem dan kebijakan pendidikan di Indonesia sehingga ditemukan persamaan dan
perbedaannya.
C.
Pokok Pembahasan
Pert
Ke
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/
media/alat
|
1
|
Mahasiswa
memahami kontrak belajar dan kisi-kisi materi ilmu kalam
|
Mahasiswa
mengetahui, memahami kontrak bealajar dan kisi-kisi materi ilmu kalam
|
Kontrak
belajar, Ilmu Kalam, dan pembagian tugas kelompok
|
Brainstrormong
Lecturing,
tanya jawab, Resitasi
|
2
x 50
menit
|
SAP
|
2
|
Mahasiswa
memahami Histori Pendidikan di Indonesia
|
Mahasiswa mampu
menjelaskn Histori Pendidikan di Indonesia
|
Landsan
Histori Pendidikan di Indonesia
|
Brainstrormong
Lecturing,
tanya jawab, Resitasi
|
2
x 50
menit
|
|
3
|
Mahasiswa
mampu memahami latar belakang, konsep pendidikan, problematika dan kebijakan
pendidikan di Indonesia
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan latar belakang, konsep pendidikan, problematika dan
kebijakan pendidikan di Indonesia
|
Sistem,
problematika dan kebijakan pendidikan di Indonesia
|
Brainstrormong
Lecturing,
tanya jawab, Resitasi
|
2
x 50
menit
|
|
4
|
Mahasiswa
mampu memahami latar belakang, konsep pendidikan, problematika dan kebijakan
pendidikan di Malaysia
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan latar belakang, konsep pendidikan, problematika dan
kebijakan pendidikan di Malaysia
|
Sistem,
problematika dan kebijakan pendidikan di Malaysia
|
Brainstrormong
Lecturing,
tanya jawab, Resitasi
|
2
x 50
menit
|
|
5
|
Mahasiswa
mampu memahami latar belakang, konsep pendidikan, problematika dan kebijakan
pendidikan di Cina
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan latar belakang, konsep pendidikan, problematika dan
kebijakan pendidikan di Cina
|
Sistem,
problematika dan kebijakan pendidikan di Cina
|
Brainstrormong
Lecturing,
tanya jawab, Resitasi
|
2
x 50
menit
|
|
6
|
Mahasiswa
mampu memahami latar belakang, konsep pendidikan, problematika dan kebijakan
pendidikan di Jepang
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan latar belakang, konsep pendidikan, problematika dan
kebijakan pendidikan di Jepang
|
Sistem,
problematika dan kebijakan pendidikan di Jepang
|
Brainstrormong
Lecturing,
tanya jawab, Resitasi
|
2
x 50
menit
|
|
7
|
UTS
|
|||||
8
|
Mahasiswa
mampu memahami latar belakang, konsep pendidikan, problematika dan kebijakan
pendidikan di Australia
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan latar belakang, konsep pendidikan, problematika dan
kebijakan pendidikan di Australia
|
Sistem,
problematika dan kebijakan pendidikan di Australia
|
Brainstrormong
Lecturing,
tanya jawab, Resitasi
|
2
x 50
menit
|
|
9
|
Mahasiswa
mampu memahami latar belakang, konsep pendidikan, problematika dan kebijakan
pendidikan di Inggris
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan latar belakang, konsep pendidikan, problematika dan
kebijakan pendidikan di Inggris
|
Sistem,
problematika dan kebijakan pendidikan di Inggris
|
Brainstrormong
Lecturing,
tanya jawab, Resitasi
|
2
x 50
menit
|
|
10
|
Mahasiswa
mampu memahami latar belakang, konsep pendidikan, problematika dan kebijakan
pendidikan di Amerika
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan latar belakang, konsep pendidikan, problematika dan
kebijakan pendidikan di Amerika
|
Sistem,
problematika dan kebijakan pendidikan di Amerika
|
Brainstrormong
Lecturing,
tanya jawab, Resitasi
|
2
x 50
menit
|
|
11
|
Mahasiswa
mampu memahami latar belakang, konsep pendidikan, problematika dan kebijakan
pendidikan di Finlandia
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan latar belakang, konsep pendidikan, problematika dan
kebijakan pendidikan di Finlandia
|
Sistem,
problematika dan kebijakan pendidikan di Finlandia
|
Brainstrormong
Lecturing,
tanya jawab, Resitasi
|
2
x 50
menit
|
|
12
|
Mahasiswa
mampu memahami latar belakang, konsep pendidikan, problematika dan kebijakan
pendidikan di Saudi Arabia
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan latar belakang, konsep pendidikan, problematika dan
kebijakan pendidikan di Saudi Arabia
|
Sistem,
problematika dan kebijakan pendidikan di Saudi Arabia
|
Brainstrormong
Lecturing,
tanya jawab, Resitasi
|
2
x 50
menit
|
|
13
|
Mahasiswa
mampu memahami latar belakang, konsep pendidikan, problematika dan kebijakan
pendidikan di Mesir
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan latar belakang, konsep pendidikan, problematika dan
kebijakan pendidikan di Mesir
|
Sistem,
problematika dan kebijakan pendidikan di Mesir
|
Brainstrormong
Lecturing,
tanya jawab, Resitasi
|
2
x 50
menit
|
|
14
|
UAS
|
D.
Daftar Kepustakaan
M. Arifin, 2002, Perbandingan
Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Rineka Cipta
M. Arifin, 2003, Ilmu Perbandingan
Pendidikan, Jakarta: Golden Terayon Press
Ahmad Syalabi, Sejarah Pendidikan
Islam
Imam Bardabi, Perbandingan
Pendidikan
JP Sarumpaet, Perbandingan
Pendidikan
Mahmud Yunus, Perbandingan
Pendidikan di Negara-Negara Islam dan Intisari Pendidikan Barat
M. Said, Pendidikan Abad ke-20 dengan Latar Belakang Kebudayaan
Sarjan Kadir & Umar maksum, Perbandingan Pendidikan di
Negara-Negara sedang Berkembang
Abdur Rahman Al-Nahlawi, Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Asal
Ibuha
Abd. Racman Assegaf, Internasional Pendidikan; Sketsa Perbandingan
Pendidikan di Negara-Negara Islam dan Barat
Monika Wizeman, Studi Jerman
Mukti Ali, Aliran Pemikiran Islam di Timur Tengah
Ahmad Djaenuri, Pendidikan dan Modernisasi dunis Islam
Abd. Rahman Haji Abdullah, Pemikiran Islam di Malaysia, sejarah dan
Aliran
Chalidjah Hasan, Kajian Perbandingan Pendidikan
Marius B, Jandsen, Jepang Selama Dua Abad Perubahan
M. Atho’ Mudhar, Belajar Islam di Amerika
Ali Saifullah, Pendidikan Internasional dan Adult Education
Dll
E.
Kriteria Penilaian
Absen
10 %
Tugas
20 %
UTS 30 %
UAS 40 %
|
Bengkulu, September
2017
|
Dosen Penangung Jawab
Dr. Zubaedi, M.Ag., M.Pd
NIP. 196903081996031001
|
Asisten Dosen
Rusdan Azwari, M.Pd
|
Mengetahui,
KA Prodi PAI
Adi Saputra,
M.Pd
NIP. 198102212009011013
0 komentar:
Posting Komentar