Minggu, 08 April 2018

RPS PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI


RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Mata Kuliah
:
Pengembangan Kurikulum PAI
Kode Mata Kuliah
:

Semester
:

Jumlah Sks
:
2 Sks
Sifat Mata Kuliah
:
Wajib
Dosen Penanggung Jawab
:
Dr. Zubaedi, M.Ag., M.Pd
Asisten Dosen
:
Rusdan Azwari, M.Pd
Evaluasi
:
1.    Sisipan (10%)
2.    Tugas (20%)
3.    UTS (30%)
4.    UAS (40%)
Capaian Pembelajaran:
Setelah mengikuti Melalui Mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan dan mempraktikan hakikat kurikulum dan berbagai perkembangan kurikulum di Indonesia, baik antara teori dan praktik serta srategi dalam pengembangan kurikulum baik perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Bahan Kajian
Cakupan Bahan Kajian
Sumber Bacaan
Kontrak Kuliah
-       Ta’ruf ( Perkenalan)
-       Menjelaskan kontrak perkuliahan

Hakekat Kurikulum
-       Pengertian, Peran dan Fungsi Kurikulum
-       Kurikulum Ideal dan Aktual
-       Kurikulum Tersembunyi
-       Kurikulum Pendidikan Islam
-        
John Wiles and Joseph Bondi, Curriculum Development: A Guide to Practice, 3-18; Murray Print, Curriculum development and design, 9-13; Hilda Taba, Curriculum Development, 231-243; Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, 3-24;  Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran,3-30; Munir, Kurikulum Berbasis TIK, 27-51)
Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum PAI

-        Implementers
-        Adapters
-        Developers
-        Researchers
(Murray Print, Curriculum development and design, 17-20; Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, 27-30)

Peran Kepala Sekolah/Madrasah dalam Pengembangan Kurikulum PAI

Syarat Kepala Sekolah/Madrasah
-        Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah
-        Tugas dan Peran Kepala Sekolah/Madrasah dalam Pengembangan Kurikulum
Rusman, Manajemen Kurikulum, 7-16)
Landasan Pengembangan Kurikulum PAI

-        Landasan Filosofis
-        Landasan Psikologis
-        Landasan Sosiologis
-        Landasan Organisatoris
-        
Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, 38-57; Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, 57-75)
Perkembangan Kurikulum Madrasah di Indonesia
-       Pendidikan Agama sebelum Kemerdekaan
-       Pendidikan Agama Pasca kemerdekan
-       Madrasah Era SKB 3 Menteri
-       Bentuk Struktur Kurikulum Madrasah
(Nur Ahid, Problematika Madrasah Aliyah di Indonesia, 91- 181; Abdul Rahman Shaleh, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa, 11-52)

Komponen-komponen dan Model Pengembangan Kurikulum
-        Komponennya berisi tujuan, isi/bahan ajar, metode/strategi mengajar dan evaluasi
-        Model pengembangannya menurut: 1) Ralp Tyler, 2) Hilda Taba, 3) DK. Wheeler, 4) Beauchamp, dan 5
(Murray Print, Curriculum development and design, 60-91; John P Miller & Wayne Seller, Curriculum Perspective and Practice, 175-203; Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, 102-112, 161-170; Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum, 35-54)

Macam-macam Konsep Kurikulum
-        Kurikulum Akademik
-        Kurikulum Humanistik
-        Kurikulum Rekonstruksi sosial
-        Kurikulum Teknologi
Murray Print, Curriculum development and design, 45-56; Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, 81-101)
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Faktor dan prinsip dan desain pengembangan kurikulum
-        Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengembang an Kurikulum
-        Prinsip Dasar Pengembangan Kurikulum
-        Kurikulum yang Berpusat pada Bahan Ajar
-        Kurikulum yang mengutamakan Peranan Siswa
-        Kurikulum yang Berpusat pada Masalah-masalah yang dihadapi Masyarakat

(John P Miller & Wayne Seller, Curriculum Perspective and Practice, 117-141; A. Hamid Syarif, Pengembangan Kurikulum 69-74; Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, 150-159)
(Murray Print, Curriculum development and design, 93-106; Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, 113-125)

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama di Pesantren, Sekolah dan Madrasah
-        Kurikulum Pesantren
-        Kurikulum Madrasah
-        Kurikulum Sekolah
(Karel A. Steenbrink, Pesantren, Madrasah dan Sekolah, 165-200; Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, 197-212; Abdul Rahman Shaleh, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa, 189-210)

Praktek Pengembangan Kurikulum di Indonesia
-        Kurikulum Tahun 1967
-        Kurikulum Tahun 1975
-        Kurikulum Tahun 1984
-        Kurikulum Tahun 1994
-        Kurikulum Tahun 2004
-        Kurikulum Tahun 2006
-        Kurikulum Tahun 2013
(Lias Hasibuan, Kurikulum dan Pemikiran Pendidikan, 94-104; A. Hamid Syarif, Pengembangan Kurikulum, 74-77)

Sumber Daya Pendukung Keberhasilan Implementasi Kurikulum
-        Pemanfatan Sumber Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran
-        Manajemen Sekolah
-        Strategi dan Model-model Pembelajaran
-        Kualitas dan Kinerja Guru
-        Monitoring Pelaksanaan Kurikulum
(Rusman, Manajemen Kurikulum, 121-402; UIN Malang, Materi Pendidikan dan Latihan Profesi Guru, 167-206 )

Pengembangan Tujuan dan Isi Kurikulum dan perangkat pembelajaran
-        Pengembangan Tujuan Kurikulum
-        Pengembangan Isi Kurikulum
-        Silabus dan RPP
(Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, 99-113)

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter
-        Hakekat, tujuan dan fungsi pendidikan karakter
-        Nilai-nila pembentukan dan proses pendidikan karakter
-        Strategi pelaksanaan pendidikan karakter
-        Pengembangan Kurikulum pendikan karakter di tingkat satuan pendidikan
-        Pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah
 Kemendiknas, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, hal. 1-63

Evaluasi Kurikulum
-       Pengertian Evaluasi Kurikulum
-       Objek Evaluasi Kurikulum
-       Syarat Evaluasi Kurikulum
-       Model-model Evaluasi Kurikulum
(Ralph W. Tyler, Basic Principles of Curriculum and Instruction, 110-125; John P Miller & Wayne Seller, Curriculum Perspective and Practice, 309-325, Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, 172-190; A. Hamid Syarif, Pengembangan Kurikulum, 119-130; Peter F. Olivia, Developing the Curriculum, 480-495)
Ujian Akhir Semester (UAS)

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Minggu
Ke-
Kemampuan akhir yang diharapkan
Bahan kajian
Bentuk pembelajaran
Waktu belajar
Kriteria
penilaian
Bobot
nilai
1
-       Kesepakatan dalam PBM FPI
-       Adanya kelompok diskusi
Kontrak Kuliah
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
100 Menit
-           
-
2
-       Mampu menjelaskan Pengertian, Peran dan Fungsi Kurikulum
-       Mampu menjelaskan Kurikulum Ideal dan Aktual
-       Mampu menjelaskan Kurikulum Tersembunyi
-       Mampu menjelaskan Kurikulum Pendidikan Islam
-        
Hakekat Kurikulum
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
100 Menit
-   Makalah
-   Presentasi
-   keaktifan

3
-        Mampu menjelaskan peran guru sebagai Implementers
-        Mampu menjelaskan peran guru sebagai Adapters
-        Mampu menjelaskan peran guru sebagai Developers
-        Mampu menjelaskan peran guru sebagai Researchers
Peran Guru

Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
100 Menit
-   Makalah
-   Presentasi
-   keaktifan

4
-        Mampu menjelaskan Syarat Kepala Sekolah/Madrasah
-        Mampu menjelaskan Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah
-        Mampu menjelaskan Tugas dan Peran Kepala Sekolah/Madrasah dalam Pengembangan Kurikulum
Peran Kepala Sekolah/Madrasah

Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
100 Menit
-   Makalah
-   Presentasi
-   keaktifan

5
-        Mampu menjelaskan Landasan Filosofis
-        Mampu menjelaskan Landasan Psikologis
-        Mampu menjelaskan Landasan Sosiologis
-        Mampu menjelaskan Landasan Organisatoris
Landasan Pengembangan Kurikulum

Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
100 Menit
-   Makalah
-   Presentasi
-   keaktifan

6
-       Mampu menjelaskan Pendidikan Agama sebelum Kemerdekaan
-       Mampu menjelaskan Pendidikan Agama Pasca kemerdekan
-       Mampu menjelaskan Madrasah Era SKB 3 Menteri
-       Mampu menjelaskan Bentuk Struktur Kurikulum Madrasah
Perkembangan Kurikulum Madrasah di Indonesia
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
100 Menit
-   Makalah
-   Presentasi
-   keaktifan

7
-        Mampu menjelaskan Komponennya berisi tujuan, isi/bahan ajar, metode/strategi mengajar dan evaluasi
-        Mampu menjelaskan Model pengembangannya menurut: 1) Ralp Tyler, 2) Hilda Taba, 3) DK. Wheeler, 4) Beauchamp, dan 5
Komponen-komponen dan Model Pengembangan Kurikulum
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
100 Menit
-   Makalah
-   Presentasi
-   keaktifan

8

9
-        Mampu menjelaskan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengembang an Kurikulum
-        Mampu menjelaskan Prinsip Dasar Pengembangan Kurikulum
-        Mampu menjelaskan Kurikulum yang Berpusat pada Bahan Ajar
-        Mampu menjelaskan Kurikulum yang mengutamakan Peranan Siswa
-        Mampu menjelaskan Kurikulum yang Berpusat pada Masalah-masalah yang dihadapi Masyarakat

Faktor dan prinsip dan desain pengembangan kurikulum
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
100 Menit
-   Makalah
-   Presentasi
-   keaktifan

10
-        Mampu menjelaskan Kurikulum Pesantren
-        Mampu menjelaskan Kurikulum Madrasah
-        Mampu menjelaskan Kurikulum Sekolah
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama di Pesantren, Sekolah dan Madrasah
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
100 Menit
-   Makalah
-   Presentasi
-   keaktifan

11
-        Mampu menjelaskan praktek Kurikulum Tahun 1967
-        Mampu menjelaskan praktek Kurikulum Tahun 1975
-        Mampu menjelaskan praktek Kurikulum Tahun 1984
-        Mampu menjelaskan praktek Kurikulum Tahun 1994
-        Mampu menjelaskan praktek Kurikulum Tahun 2004
-        Mampu menjelaskan praktek Kurikulum Tahun 2006
-        Mampu menjelaskan praktek Kurikulum Tahun 2013
Praktek Pengembangan Kurikulum di Indonesia
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
100 Menit
-   Makalah
-   Presentasi
-   keaktifan

12
-        Mampu menjelaskan Pemanfatan Sumber Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran
-        Mampu menjelaskan Manajemen Sekolah
-        Mampu menjelaskan Strategi dan Model-model Pembelajaran
-        Mampu menjelaskan Kualitas dan Kinerja Guru
-        Mampu menjelaskan Monitoring Pelaksanaan Kurikulum
Sumber Daya Pendukung Keberhasilan Implementasi Kurikulum
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
100 Menit
-   Makalah
-   Presentasi
-   keaktifan

13
-        Mampu menjelaskan Pengembangan Tujuan Kurikulum
-        Mampu menjelaskan Pengembangan Isi Kurikulum
-        Mampu menjelaskan Silabus dan RPP
Pengembangan Tujuan dan Isi Kurikulum dan perangkat pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
100 Menit
-   Makalah
-   Presentasi
-   keaktifan

14
-        Mampu menjelaskan Hakekat, tujuan dan fungsi pendidikan karakter
-        Mampu menjelaskan Nilai-nila pembentukan dan proses pendidikan karakter
-        Mampu menjelaskan Strategi pelaksanaan pendidikan karakter
-        Mampu menjelaskan Pengembangan Kurikulum pendikan karakter di tingkat satuan pendidikan
-        Mampu menjelaskan Pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
100 Menit
-   Makalah
-   Presentasi
-   keaktifan

15
-       Mampu menjelaskan Pengertian Evaluasi Kurikulum
-       Mampu menjelaskan Objek Evaluasi Kurikulum
-       Mampu menjelaskan Syarat Evaluasi Kurikulum
-       Mampu menjelaskan Model-model Evaluasi Kurikulum
Evaluasi Kurikulum

100 Menit
-   Makalah
-   Presentasi
-   keaktifan

16
UJIAN AKHIR SEMESTER

Referensi
Ahid, Nur, Problematika Madrasah Aliyah di Indonesia, Kediri: STAIN Press, 2009.
------------, Pengembangan Pendidikan Islam menuju Pendidikan yang Bermutu di Era Globalisasi, Pidato Pengukuhan Guru Besar, Kediri: 2011
Hasibuan, Lias,  Kurikulum dan Pemikiran Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada, 2010
Idi, Abdullah, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Jakarta: Gaya Media Pratama, 1999.
Kemendiknas, Pedoman Pendidikan Karakter, Jakarta: Balitbang Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2011
------------, Pedoman Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Balitbang Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2011
------------, Pedoman Sertifikasi Guru dalam Jabatan, Jakarta: Ditektorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, 2010.
Miler, John P. & Wayne Seller, Curriculum Perspective and Practice, By Logman USA, 1985
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2005
Munir, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung: Alfabeta, 2008
Mulyasa, E, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
Olivia, Peter F., Developing the Curriculum, new York: Harper Collins Publishers, 1992.
Ornstein, Allan C. and friends, Contemporary Issues in Curriculum, Boston-New York-London-Tokyo-Sydny: Printed in the United States ofAmerica, 2009.
Print, Murray, Curriculum development and design, Sydney Australia, Docupro, 1993
Rusman, Manajemen Kurikulum, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2009
Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana Frenada Media Group, 2008
Shaleh, Abdul Rahman, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004
Steenbrink, Karel A., Pesantren, Madrasah dan Sekolah, Jakarta: LP3ES Dharma Aksara Perkasa, 1986.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Bnadung: Remaja Rosdakarya, 1997
Syarif, A. Hamid,  Pengembangan Kurikulum, Surabaya: Bina Ilmu, 1996.
Taba, Hilda, Curriculum Development, New York: Chicago, San Fransisco, Atlant,:  Harcourt, Brace World Inc., 1962
Tiler, Ralph W., Basic Principles of Curriculum and Instruction, Chicago and London: The University of Chicago Press, 1949.
Wiles, John and Joseph Bondi, Curriculum Development: A Guide to Practice, Colombo Toronto London Melbourne, Merril Publishing Company, 1989.





Bengkulu,        September 2017

Dosen Penangung Jawab





Dr. Zubaedi, M.Ag., M.Pd
NIP. 196903081996031001
Asisten Dosen





Rusdan Azwari, M.Pd

Mengetahui,
KA Prodi PAI





Adi Saputra, M.Pd
NIP. 198102212009011013


0 komentar:

Posting Komentar