RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER
Mata
Kuliah
|
:
|
Pengembangan Kurikulum
PAI
|
Kode Mata
Kuliah
|
:
|
|
Semester
|
:
|
|
Jumlah Sks
|
:
|
2 Sks
|
Sifat Mata
Kuliah
|
:
|
Wajib
|
Dosen Penanggung Jawab
|
:
|
Dr. Zubaedi, M.Ag., M.Pd
|
Asisten Dosen
|
:
|
Rusdan Azwari, M.Pd
|
Evaluasi
|
:
|
1.
Sisipan (10%)
2.
Tugas (20%)
3.
UTS (30%)
4.
UAS (40%)
|
Capaian
Pembelajaran:
Setelah
mengikuti Melalui Mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan
dan mempraktikan hakikat kurikulum dan berbagai perkembangan kurikulum di
Indonesia, baik antara teori dan praktik serta srategi dalam pengembangan
kurikulum baik perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
|
Bahan Kajian
|
Cakupan Bahan Kajian
|
Sumber Bacaan
|
Kontrak Kuliah
|
- Ta’ruf ( Perkenalan)
- Menjelaskan kontrak perkuliahan
|
|
Hakekat Kurikulum
|
- Pengertian,
Peran dan Fungsi Kurikulum
- Kurikulum
Ideal dan Aktual
- Kurikulum
Tersembunyi
- Kurikulum
Pendidikan Islam
-
|
John Wiles and Joseph Bondi, Curriculum
Development: A Guide to Practice, 3-18; Murray Print, Curriculum
development and design, 9-13; Hilda Taba, Curriculum Development,
231-243; Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, 3-24; Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran,3-30;
Munir, Kurikulum Berbasis TIK, 27-51)
|
Peran Guru dalam
Pengembangan Kurikulum PAI
|
-
Implementers
-
Adapters
-
Developers
-
Researchers
|
(Murray Print, Curriculum development and design,
17-20; Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, 27-30)
|
Peran Kepala
Sekolah/Madrasah dalam Pengembangan Kurikulum PAI
|
Syarat Kepala Sekolah/Madrasah
-
Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah
-
Tugas dan Peran Kepala
Sekolah/Madrasah dalam Pengembangan Kurikulum
|
Rusman, Manajemen Kurikulum,
7-16)
|
Landasan Pengembangan Kurikulum PAI
|
-
Landasan Filosofis
-
Landasan Psikologis
-
Landasan Sosiologis
-
Landasan Organisatoris
-
|
Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan
Kurikulum Teori dan Praktek, 38-57; Abdullah Idi, Pengembangan
Kurikulum Teori dan Praktek, 57-75)
|
Perkembangan Kurikulum
Madrasah di Indonesia
|
-
Pendidikan Agama sebelum
Kemerdekaan
-
Pendidikan Agama Pasca kemerdekan
-
Madrasah Era SKB 3 Menteri
-
Bentuk Struktur Kurikulum Madrasah
|
(Nur Ahid, Problematika Madrasah Aliyah di
Indonesia, 91- 181; Abdul Rahman Shaleh, Madrasah dan Pendidikan Anak
Bangsa, 11-52)
|
Komponen-komponen dan
Model Pengembangan Kurikulum
|
-
Komponennya berisi tujuan,
isi/bahan ajar, metode/strategi mengajar dan evaluasi
-
Model pengembangannya menurut: 1)
Ralp Tyler, 2) Hilda Taba, 3) DK. Wheeler, 4) Beauchamp, dan 5
|
(Murray Print, Curriculum development and design,
60-91; John P Miller & Wayne Seller, Curriculum Perspective and
Practice, 175-203; Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum
Teori dan Praktek, 102-112, 161-170; Abdullah Idi, Pengembangan
Kurikulum, 35-54)
|
Macam-macam Konsep
Kurikulum
|
-
Kurikulum Akademik
-
Kurikulum Humanistik
-
Kurikulum Rekonstruksi sosial
-
Kurikulum Teknologi
|
Murray Print, Curriculum development and design,
45-56; Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek,
81-101)
|
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
|
||
Faktor dan
prinsip dan desain pengembangan kurikulum
|
-
Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Pengembang an Kurikulum
-
Prinsip Dasar Pengembangan
Kurikulum
-
Kurikulum yang Berpusat pada Bahan
Ajar
-
Kurikulum yang mengutamakan
Peranan Siswa
-
Kurikulum yang Berpusat pada
Masalah-masalah yang dihadapi Masyarakat
|
(John P Miller & Wayne Seller, Curriculum
Perspective and Practice, 117-141; A. Hamid Syarif, Pengembangan
Kurikulum 69-74; Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum
Teori dan Praktek, 150-159)
(Murray Print, Curriculum development and design,
93-106; Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek,
113-125)
|
Pengembangan Kurikulum
Pendidikan Agama di Pesantren, Sekolah dan Madrasah
|
-
Kurikulum Pesantren
-
Kurikulum Madrasah
-
Kurikulum Sekolah
|
(Karel A. Steenbrink, Pesantren, Madrasah dan
Sekolah, 165-200; Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di
Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, 197-212; Abdul Rahman Shaleh, Madrasah
dan Pendidikan Anak Bangsa, 189-210)
|
Praktek Pengembangan
Kurikulum di Indonesia
|
-
Kurikulum Tahun 1967
-
Kurikulum Tahun 1975
-
Kurikulum Tahun 1984
-
Kurikulum Tahun 1994
-
Kurikulum Tahun 2004
-
Kurikulum Tahun 2006
-
Kurikulum Tahun 2013
|
(Lias Hasibuan, Kurikulum dan Pemikiran
Pendidikan, 94-104; A. Hamid Syarif, Pengembangan Kurikulum, 74-77)
|
Sumber Daya Pendukung
Keberhasilan Implementasi Kurikulum
|
-
Pemanfatan Sumber Belajar dan
Penggunaan Media Pembelajaran
-
Manajemen Sekolah
-
Strategi dan Model-model
Pembelajaran
-
Kualitas dan Kinerja Guru
-
Monitoring Pelaksanaan Kurikulum
|
(Rusman, Manajemen Kurikulum, 121-402; UIN
Malang, Materi Pendidikan dan Latihan Profesi Guru, 167-206 )
|
Pengembangan Tujuan dan
Isi Kurikulum dan perangkat pembelajaran
|
-
Pengembangan Tujuan Kurikulum
-
Pengembangan Isi Kurikulum
-
Silabus dan RPP
|
(Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran,
99-113)
|
Pengembangan Kurikulum Pendidikan
Karakter
|
-
Hakekat, tujuan dan fungsi
pendidikan karakter
-
Nilai-nila pembentukan dan proses
pendidikan karakter
-
Strategi pelaksanaan pendidikan
karakter
-
Pengembangan Kurikulum pendikan
karakter di tingkat satuan pendidikan
-
Pelaksanaan pendidikan karakter di
sekolah
|
Kemendiknas, Panduan
Pelaksanaan Pendidikan Karakter, hal. 1-63
|
Evaluasi Kurikulum
|
- Pengertian
Evaluasi Kurikulum
- Objek
Evaluasi Kurikulum
- Syarat
Evaluasi Kurikulum
- Model-model
Evaluasi Kurikulum
|
(Ralph W. Tyler, Basic Principles of Curriculum
and Instruction, 110-125; John P Miller & Wayne Seller, Curriculum
Perspective and Practice, 309-325, Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan
Kurikulum Teori dan Praktek, 172-190; A. Hamid Syarif, Pengembangan
Kurikulum, 119-130; Peter F. Olivia, Developing the Curriculum, 480-495)
|
Ujian Akhir Semester (UAS)
|
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER
Minggu
Ke-
|
Kemampuan akhir yang diharapkan
|
Bahan kajian
|
Bentuk pembelajaran
|
Waktu belajar
|
Kriteria
penilaian
|
Bobot
nilai
|
1
|
- Kesepakatan
dalam PBM FPI
- Adanya kelompok
diskusi
|
Kontrak Kuliah
|
Ceramah, Tanya jawab dan
diskusi
|
100 Menit
|
-
|
-
|
2
|
- Mampu menjelaskan Pengertian, Peran dan Fungsi Kurikulum
- Mampu menjelaskan Kurikulum Ideal dan Aktual
- Mampu menjelaskan Kurikulum Tersembunyi
- Mampu menjelaskan Kurikulum Pendidikan Islam
-
|
Hakekat Kurikulum
|
Ceramah, Tanya jawab dan
diskusi
|
100 Menit
|
-
Makalah
-
Presentasi
-
keaktifan
|
|
3
|
-
Mampu menjelaskan peran guru
sebagai Implementers
-
Mampu menjelaskan peran guru
sebagai Adapters
-
Mampu menjelaskan peran guru
sebagai Developers
-
Mampu
menjelaskan peran guru sebagai Researchers
|
Peran Guru
|
Ceramah, Tanya jawab dan
diskusi
|
100 Menit
|
-
Makalah
-
Presentasi
-
keaktifan
|
|
4
|
-
Mampu menjelaskan Syarat
Kepala Sekolah/Madrasah
-
Mampu menjelaskan Kinerja
Kepala Sekolah/Madrasah
-
Mampu menjelaskan Tugas dan
Peran Kepala Sekolah/Madrasah dalam Pengembangan Kurikulum
|
Peran Kepala Sekolah/Madrasah
|
Ceramah, Tanya jawab dan
diskusi
|
100 Menit
|
-
Makalah
-
Presentasi
- keaktifan
|
|
5
|
-
Mampu menjelaskan Landasan
Filosofis
-
Mampu menjelaskan Landasan
Psikologis
-
Mampu menjelaskan Landasan
Sosiologis
-
Mampu menjelaskan Landasan
Organisatoris
|
Landasan Pengembangan
Kurikulum
|
Ceramah, Tanya jawab dan
diskusi
|
100 Menit
|
-
Makalah
-
Presentasi
-
keaktifan
|
|
6
|
-
Mampu menjelaskan Pendidikan
Agama sebelum Kemerdekaan
-
Mampu menjelaskan Pendidikan
Agama Pasca kemerdekan
-
Mampu menjelaskan Madrasah
Era SKB 3 Menteri
-
Mampu menjelaskan Bentuk
Struktur Kurikulum Madrasah
|
Perkembangan Kurikulum Madrasah di Indonesia
|
Ceramah, Tanya jawab dan
diskusi
|
100 Menit
|
-
Makalah
-
Presentasi
-
keaktifan
|
|
7
|
-
Mampu menjelaskan Komponennya
berisi tujuan, isi/bahan ajar, metode/strategi mengajar dan evaluasi
-
Mampu menjelaskan Model
pengembangannya menurut: 1) Ralp Tyler, 2) Hilda Taba, 3) DK. Wheeler, 4)
Beauchamp, dan 5
|
Komponen-komponen dan Model Pengembangan Kurikulum
|
Ceramah, Tanya jawab dan
diskusi
|
100 Menit
|
-
Makalah
-
Presentasi
-
keaktifan
|
|
8
|
||||||
9
|
-
Mampu menjelaskan Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Pengembang an Kurikulum
-
Mampu menjelaskan Prinsip
Dasar Pengembangan Kurikulum
-
Mampu menjelaskan Kurikulum
yang Berpusat pada Bahan Ajar
-
Mampu menjelaskan Kurikulum
yang mengutamakan Peranan Siswa
-
Mampu menjelaskan Kurikulum
yang Berpusat pada Masalah-masalah yang dihadapi Masyarakat
|
Faktor dan prinsip dan desain pengembangan kurikulum
|
Ceramah, Tanya jawab dan
diskusi
|
100 Menit
|
-
Makalah
-
Presentasi
-
keaktifan
|
|
10
|
-
Mampu menjelaskan Kurikulum
Pesantren
-
Mampu menjelaskan Kurikulum
Madrasah
-
Mampu menjelaskan Kurikulum
Sekolah
|
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama di Pesantren, Sekolah dan
Madrasah
|
Ceramah, Tanya jawab dan
diskusi
|
100 Menit
|
-
Makalah
-
Presentasi
-
keaktifan
|
|
11
|
-
Mampu menjelaskan praktek Kurikulum
Tahun 1967
-
Mampu menjelaskan praktek Kurikulum
Tahun 1975
-
Mampu menjelaskan praktek Kurikulum
Tahun 1984
-
Mampu menjelaskan praktek Kurikulum
Tahun 1994
-
Mampu menjelaskan praktek Kurikulum
Tahun 2004
-
Mampu menjelaskan praktek Kurikulum
Tahun 2006
-
Mampu menjelaskan praktek Kurikulum
Tahun 2013
|
Praktek Pengembangan Kurikulum di Indonesia
|
Ceramah, Tanya jawab dan
diskusi
|
100 Menit
|
-
Makalah
-
Presentasi
-
keaktifan
|
|
12
|
-
Mampu menjelaskan Pemanfatan
Sumber Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran
-
Mampu menjelaskan Manajemen
Sekolah
-
Mampu menjelaskan Strategi
dan Model-model Pembelajaran
-
Mampu menjelaskan Kualitas
dan Kinerja Guru
-
Mampu menjelaskan Monitoring
Pelaksanaan Kurikulum
|
Sumber Daya Pendukung Keberhasilan Implementasi Kurikulum
|
Ceramah, Tanya jawab dan
diskusi
|
100 Menit
|
-
Makalah
-
Presentasi
-
keaktifan
|
|
13
|
-
Mampu menjelaskan Pengembangan
Tujuan Kurikulum
-
Mampu menjelaskan Pengembangan
Isi Kurikulum
-
Mampu menjelaskan Silabus
dan RPP
|
Pengembangan Tujuan dan Isi Kurikulum dan perangkat pembelajaran
|
Ceramah, Tanya jawab dan
diskusi
|
100 Menit
|
-
Makalah
-
Presentasi
-
keaktifan
|
|
14
|
-
Mampu menjelaskan Hakekat,
tujuan dan fungsi pendidikan karakter
-
Mampu menjelaskan Nilai-nila
pembentukan dan proses pendidikan karakter
-
Mampu menjelaskan Strategi
pelaksanaan pendidikan karakter
-
Mampu menjelaskan Pengembangan
Kurikulum pendikan karakter di tingkat satuan pendidikan
-
Mampu menjelaskan Pelaksanaan
pendidikan karakter di sekolah
|
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter
|
Ceramah, Tanya jawab dan
diskusi
|
100 Menit
|
-
Makalah
-
Presentasi
-
keaktifan
|
|
15
|
- Mampu menjelaskan Pengertian Evaluasi Kurikulum
- Mampu menjelaskan Objek Evaluasi Kurikulum
- Mampu menjelaskan Syarat Evaluasi Kurikulum
- Mampu menjelaskan Model-model Evaluasi Kurikulum
|
Evaluasi Kurikulum
|
100 Menit
|
-
Makalah
-
Presentasi
-
keaktifan
|
||
16
|
UJIAN
AKHIR SEMESTER
|
Referensi
Ahid, Nur, Problematika
Madrasah Aliyah di Indonesia, Kediri: STAIN Press, 2009.
------------, Pengembangan
Pendidikan Islam menuju Pendidikan yang Bermutu di Era Globalisasi, Pidato
Pengukuhan Guru Besar, Kediri: 2011
Hasibuan, Lias,
Kurikulum dan Pemikiran Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada, 2010
Idi, Abdullah, Pengembangan Kurikulum Teori dan
Praktek, Jakarta: Gaya Media Pratama, 1999.
Kemendiknas, Pedoman Pendidikan Karakter,
Jakarta: Balitbang Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2011
------------, Pedoman Pengembangan Pendidikan
Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Balitbang Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, 2011
------------, Pedoman Sertifikasi Guru dalam
Jabatan, Jakarta: Ditektorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga
Kependidikan, 2010.
Miler, John P. & Wayne Seller, Curriculum
Perspective and Practice, By Logman USA, 1985
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam
di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta: RajaGrafindo Persada,
2005
Munir, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan
Komunikasi, Bandung: Alfabeta, 2008
Mulyasa, E, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan,
Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
Olivia, Peter F., Developing the Curriculum,
new York: Harper Collins Publishers, 1992.
Ornstein, Allan C. and friends, Contemporary Issues
in Curriculum, Boston-New York-London-Tokyo-Sydny: Printed in the United
States ofAmerica, 2009.
Print, Murray, Curriculum development and design,
Sydney Australia, Docupro, 1993
Rusman, Manajemen Kurikulum, Jakarta:
RajaGrafindo Persada, 2009
Sanjaya, Wina, Kurikulum
dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana Frenada Media Group, 2008
Shaleh, Abdul Rahman, Madrasah dan Pendidikan Anak
Bangsa, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004
Steenbrink, Karel A., Pesantren, Madrasah dan Sekolah,
Jakarta: LP3ES Dharma Aksara Perkasa, 1986.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Pengembangan Kurikulum
Teori dan Praktek, Bnadung: Remaja Rosdakarya, 1997
Syarif, A. Hamid,
Pengembangan Kurikulum, Surabaya: Bina Ilmu, 1996.
Taba, Hilda, Curriculum Development, New York:
Chicago, San Fransisco, Atlant,:
Harcourt, Brace World Inc., 1962
Tiler, Ralph W., Basic Principles of Curriculum and
Instruction, Chicago and London: The University of Chicago Press, 1949.
Wiles, John and Joseph Bondi, Curriculum
Development: A Guide to Practice, Colombo Toronto London Melbourne, Merril
Publishing Company, 1989.
|
Bengkulu, September
2017
|
Dosen Penangung Jawab
Dr. Zubaedi, M.Ag., M.Pd
NIP. 196903081996031001
|
Asisten Dosen
Rusdan Azwari, M.Pd
|
Mengetahui,
KA Prodi PAI
Adi Saputra,
M.Pd
NIP.
198102212009011013
0 komentar:
Posting Komentar