RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
A. Identitas Mata
Kuliah
Mata Kuliah :
Pendidikan Karakter
Semester :
II
Prodi :
Perbankan Syariah
Jumlah SKS :
2 (Dua)
Dosen Penanggung Jawab : Rusdan Azwari, M.Pd
B. Kompetensi
Setelah mengikuti perkuliahan ini , mahasiswa diharapkan
mampu memiliki kompetensi : (1) Konsep
dasar karakter, (2) Perspektif umum tentang karakter dan pendidikan karater , (3) konsep dasar dan pola pengembangan pendidikan karakter di sekolah, (4) Menciptakan ruang kelas yang berkarakter
yakni membangun ikatan dan model karakter; guru sebagai model karakter. (5)
mengembangkan potensi karakter peserta didik, (6) Menciptakan keluarga berkarakter, (7) menciptaakan masyarakat berkarakter, (8) pelaksanaan pendidikan karakter
di lingkungan
tempat tinggal tentang karakter religious, karakter jujur, rasa hormat dan kepedulian, kedisiplinan dan tanggung
jawab, serta patriotism dan
nasionalisme. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami isu terbaru tentang pendidikan karakter sehingga kelak mampu bekerja dengan baik dan berkarakter.
C. Deskripsi Mata
Kuliah
Mata kuliah ini berisikan
materi tentang konsep dan aplikasi pendidikan karakter.
Oleh sebab itu, materi mata
kuliah ini pada
dasarnya adalah konsep-konsep teoritis dan praktis pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah termasuk di dalamnya bagaimana
upaya mengembangkan karakter mahasiswa. Isi pokok mata
kuliah ini meliputi: (1)
konsep dasar
karakter dan pendidikan karakter, (2) perspektif
umum tentang karakter dan pendidikan karakter (3) konsep dasar dan pola pengembangan pendidikan karakter di sekolah, (4) menciptakan
ruang
kelas berkarakter, (5) mengembangkan potensi karakter peserta didik, (6) menciptakan proses pembelajaran berbasis karakter, (7)
menciptakan keluarga berkarakter (8) menciptakan masyarakat berkarakter, (9) memahami pelaksanaan pendidikan nilai-nilai karakter
di lingkungan tempat tinggal melalui hasil observasi dan mendiskusikannya.
D. Pendekatan dalam Pembelajaran
Pendekatan: Ekspositori
dan
Inkuiri, kooperatif
Metode : Interaktif ceramah ,
tanya jawab
, penugasan,
diskusi
kelas
Tugas
: Menyusun makalah,
Analisis telaah
pustaka, observasi
ke lingkungan
tempat tinggal
Media : LCDProyektor
, dan
LAPTOP (Power
point)
E. Evaluasi
Untuk mengukur tingkat ketercapaian kompetensi oleh mahasiswa
dilakukan proses evaluasi dalam berbagai jenis dan bentuk. Jenis evaluasi
yang digunakan dalam matakuliah ini adalah: (1) absen atau kehadiran (10%) (2) Penulisan Makalah/Tugas/Penampilan/partisivasi kegiatan kelas (20%), (2) ujian Tengah
Semester (30%), dan
(4)
Ujian Akhir Semester
(40%). Bentuk evaluasi yang digunakan
adalah
Ujian Tulis, Ujian Lisan
dan Ujian Perbuatan
F. Rincian Isi /
Topik
Perkuliahan
Pertemuan
|
Aspek materi
|
1
|
PENGANTAR
PERKULIAHAN
|
2
|
PERSPEKTIF UMUM TENTANG
KARAKTER DAN PENDIDIKAN KARAKTER
a.
Realitas Kehidupan
b.
Pentingnya Pendidikan yang
Harmonis
c.
Makna Pendidikan Nilai
d.
Pendidikan Nilai berlangsung dalam
Tri Pusat Pendidikan
e.
Persoalan Karakter Bangsa
|
3
|
KONSEP
DASAR PENDIDIKAN KARAKTER
a.
Pengertian
Pendidikan Karakter
b.
Tujuan
Pendidikan
Karakter
c.
Dimensi Pendidikan Karakter
c. Saluran-saluran Pendidikan Karakter
|
4
|
PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH
a.
Pengintegrasian
dalam Mata Pelajaran
b.
Program Pengembangan Diri
c. Budaya Sekolah
|
5
|
MENCIPTAKAN RUANG KELAS YANG
BERKARAKTER
a.
Membangun Ikatan dan Model
Karakter
b.
Guru
sebagai Model Karakter
|
6
|
UTS
|
7
|
MENGEMBANGKAN POTENSI KARAKTER PESERTA
DIDIK
a.
Pendidikan Karakter dimulai dari
dalam keluarg
b.
Pendidikan Karakter di sekolah
c. Peran Lingkungan
masyarakat, Peran olah raga, Peran Institusi
|
8
|
MENCIPTAKAN PROSES
PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER
a. Kurikulum
dan Pendidikan Karakter
b. Desain
Sistem/Proses
Pembelajaran
dan
Pendidikan
karakter
c. Membangun Pembelajaran
Berbasis Karakter
d. Strategi
Mengembangkan
Pembelajaran Berbasis Karakter
|
9
|
MEMBANGUN SEKOLAH BERKARAKTER
a.
Hakikat
Sekolah
Berkarakter
b.
Nilai Karakter yang Dikembangkan
di Sekolah
c.
Membangun
Budaya Moral di
Sekolah
|
10
|
MENCIPTAKAN KELUARGA BERKARAKTER
a.
Strategi Mendidik Anak Berkarakter
di Sekolah
b.
Membangun
Kemitraan Sekolah
dan Orang Tua dalam Pengembangan Karakter
Anak
c.
Strategi Pemberdayaan Keluarga bagi Pendidikan Karakter
Anak
|
11
|
MENCIPTAKAN MASYARAKAT BERKARAKTER
a. Konsep Dasar Masyarakat
Berkarakter
b. Strategi Membangun Masyarakat Berkarakter
|
12
|
STUDI LAPANGAN
PELAKSANAAN PENDIDIKAN
KARAKTER
DI LINGKUNGAN
TEMPAT TINGGAL TENTANG: NILAI
RELIGIUS, NILAI KEJUJURAN,
NILAI KEDISIPLINAN
a. Makna Nilai
Religius
b. Makna Nilai
Kejujuran
c. Makna Nilai kedisiplinan
|
13
|
STUDI LAPANGAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI LINGKUNGAN
TEMPAT TINGGAL TENTANG: NILAI RASA HORMAT, NILAI KEPEDULIAN
a.
Makna Nilai Rasa Hormat
b.
Makna Nilai Kepedulian
c.
Makna Nilai Tanggung Jawab
|
14
|
UAS
|
G. Daftar pustaka
Zubaedi (2011). Desain Pendidikan
Karakter; Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana
Prenada Media Group
Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung:
Refika Aditama
Megawangi,
R. (2004). Pendidikan Karakter: Solusi yang tepat untuk membangun bangsa. Jakarat. BP Migas dan
Star Energy.
Kemendiknas
(2010a),
Pengembangan
Pendidikan
Karakter dan Budaya Bangsa, Jakarta: Kemendiknas .
Kemendiknas
(2010b), Kerangka Accuan Pendidikan
Karakter, Jakarta: Kemendiknas
.
Kemendiknas
(2011), Panduan Pelaksanaan Pendidikan
Karakter, Jakarta: Kemendiknas
Kupperman,
J.J.
(1991). Character. New York: Oxford University Press
Miller, M.D,.
et al. (2009). Measurment and
Assesment in Teaching.
10 th
Novick, B., et
al. (2009). Building
Leraning
Communities with
Character. Alexandria: ASCD
Samani, M. & Hariyanto, (2012). Konsep dan Model
Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya
Dll yang berkaitan dengan pendidikan
karakter
Dosen pengajar
|
0 komentar:
Posting Komentar